Monday, November 12, 2012

Network Manager Ubuntu 10.04



Suatu waktu saya kehabisan pulsa internet di semua kartu-kartu dialup yang saya miliki. Flash, Matrix, dan Im2 yang berlangganan pun kebetulan sedang dipakai anak buah.


Mau beli pulsa, kebetulan posisi sedang di pelosok pedesaan dan sudah larut malam. Semua kartu-kartu GSM dan CDMA yang saya punya saya buka satu per satu di hape untuk cek pulsa. Hanya ada kartu IM3 yang masih berpulsa. Tak pakai pikir panjang karena sedang butuh akses internet, segera saya daftarkan ke *777*1*5# dan memilih unlimited harian senilai Rp9.000.
Kartu dicabut, pindah ke modem dan dicolok, dan dilakukan setting sebentar karena modem Siera 881 yang biasa saya pakai (sebetulnya milikSekolah Rakyat) lebih sering digunakan untuk koneksi menggunakan kartu Simpati Flash. Sayang sekali, walaupun Siera 881 itu sangat sering saya gunakan, justru saya belum pernah membahasnya tersendiri di Blog Kecakot ini.




Kebetulan waktu itu saya menggunakan Ubuntu 10.04 yang ber-Bahasa Indonesia. Ada dua pilihan yang lazim digunakan untuk koneksi dialup yaitu menggunakan wvdial melalui terminal dan menggunakan fasilitas network manager yang lengkap tersedia untuk berbagai koneksi.
Bila sedulur pengguna WVDIAL, silahkan menyimak cara ampuh gadgetboi untuk koneksi wvdial menggunakan kartu IM2/IM3. Namun kali ini saya menggunakan network connection.
Setelah melakukan deteksi modem, memilih lokasi (Indonesia), dan memilih jaringan, tiba-tiba saya melihat kejanggalan…

APN default yang seharusnya www.indosat-m3.net tertulis www.imdosat-m3.net
APN default yang seharusnya www.indosat-m3.net tertulis www.imdosat-m3.net
Salah tulis ini sangat mengganggu karena menyebabkan tidak bisa konak!!!… Gampang saja sih! Sedulur bisa memilih APN sendiri yang bukan default, atau mengeditnya belakangan sebelum dikonaksikan. Untuk kartu IM3, selain APN www.indosat-m3.netsedulur juga bisa menggunakan APN indosatgprs. Sedangkan username dan password bisa menggunakan indosat untuk paket broadband unlimited seperti yang saya gunakan. Untuk paket durasi, gunakan username dan password indosat@durasi.

huruf M yang nyenil menyentil ini ternyata sangat mengganggu aktivitas
Yeach… Setelah diedit seperlunya, konaklah saya dengan lancar tidak terhalang M…. :-D

No comments:

Post a Comment